6 Makanan Sumber Kolagen untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Makanan yang Mengandung Kolagen

Kolagen dikenal dan populer untuk perawatan kulit dan wajah. Namun, sejatinya manfaat kolagen bagi tubuh lebih jauh dari pada itu. Terdapat banyak makanan yang mengandung kolagen yang bermanfaat bagi kesehatan seperti pereda nyeri dan juga pendukung kesehatan jantung.

    Pilihan makanan yang mengandung kolagen

    Kolagen adalah protein alami di dalam tubuh yang terbuat dari asam amino dan jumlahnya melimpah. Kolagen bermanfaat untuk mengencangkan kulit, mencegah kerutan, dan lainnya.

    Berikut berbagai makanan yang mengandung kolagen untuk kesehatan kamu.

    1. Ikan

    Ikan memiliki kandungan kolagen yang tinggi. Faktanya, ikan juga memberi manfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin D.

    Menurut beberapa penelitian, kolagen pada ikan merupakan salah satu yang paling mudah dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan makanan yang mengandung kolagen lainnya.

    2. Putih telur

    Meski kandungan kolagennya tidak begitu tinggi, putih telur memiliki kandungan protein tinggi yang bermanfaat untuk pembentukan kolagen. Dalam pembentukan kolagen dibutuhkan asupan makanan berprotein tinggi.

    Ditambah lagi putih telur juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit. Bahkan kandungan protein tinggi pada telur dapat memenuhi 10% kebutuhan harian tubuh.

    3. Ayam

    Bagi kalian yang suka makan daging ayam, kabar baiknya adalah daging ini memiliki kandungan kolagen yang tinggi. Namun, tidak semua bagian ayam memiliki kandungan kolagen. Bagian leher dan dan tulang muda ayam dipercaya memiliki kandungan kolagen tinggi.

    4. Buah citrus

    Buah-buahan citrus merupakan sumber kolagen yang baik bagi tubuh. Buah-buahan seperti jeruk, lemon, jeruk nipis dan grapefruit berperan memproduksi pro-kolagen yang berfungsi sebagai prekursor tubuh untuk kolagen.

    5. Sayuran hijau

    Sudah diketahui mengkonsumsi sayuran hijau baik untuk kesehatan kulit dan membantu menjaga kesehatan tubuh. Sayuran seperti bayam, daun kale dan beberapa sayuran lainnya mempunyai kandungan klorofil tinggi yang berfungsi untuk memicu produksi kolagen bagi kulit.

    6. Kacang-kacangan

    Sebagai salah satu makanan yang dikenal berprotein tinggi, kacang-kacangan tentunya memiliki kandungan asam amino yang tinggi pula. Inilah yang akan membuat kacang-kacangan dapat membantu dalam proses pembentukan kolagen dalam tubuh. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, kalian bisa mengkonsumsi kacang-kacangan sebagai pengganti camilan.

    Itu dia makanan kaya kolagen yang bisa dikonsumsi untuk kesehatan tubuh dan kulit kalian. Selain mengkonsumsi makanan diatas, SobatVit juga bisa minum Cool-Vita Collagen Effervescent yang di dalamnya terdapat kandungan vitamin C 100 mg dan kolagen 500 mg yang praktis untuk penuhi asupan harianmu.

    BAGIKAN

    Artikel Terkait