Manfaat Pantothenic Acid – Kegunaan, Efek Samping, dan Lainnya

Manfaat Pantothenic Acid

Apa itu pantothenic acid? Dan apa saja manfaat pantothenic acid?

Vitamin B5, juga disebut asam pantotenat, adalah salah satu dari 8 vitamin B. Semua vitamin B membantu tubuh mengubah makanan (karbohidrat) menjadi bahan bakar (glukosa), yang digunakan tubuh untuk menghasilkan energi.

Vitamin B ini, sering disebut sebagai vitamin B kompleks, juga membantu tubuh menggunakan lemak dan protein. Vitamin B kompleks dibutuhkan untuk kesehatan kulit, rambut, mata, dan hati. Vitamin B kompleks juga membantu sistem saraf berfungsi dengan baik.

Semua vitamin B larut dalam air, artinya tubuh tidak menyimpannya.

Manfaat pantothenic acid

Asam pantotenat membantu tubuh memanfaatkan karbohidrat, protein, dan lipid. Penting juga untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin B5 tersedia sebagai asam D-pantotenat, serta dexpanthenol dan kalsium pantotenat, yang merupakan bahan kimia yang dibuat di laboratorium dari asam D-pantotenat.

Orang paling sering menggunakan asam pantotenat untuk defisiensi asam pantotenat. Dexpanthenol, bahan kimia yang mirip dengan asam pantotenat, digunakan untuk iritasi kulit, pembengkakan hidung, penyembuhan luka, dan kondisi lainnya, namun tidak ada bukti ilmiah yang mendukung penggunaan ini.

Anda dapat merasakan manfaat dari pantothenic acid dengan mengkonsumsi Cool-Vita Multi-Vitamin mengandung Vitamin B/pantothenic acid yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka dan memelihara kesehatan kulit.

Kegunaan dan Efektivitas

Efektif untuk: Kekurangan asam pantotenat. Mengambil 5-10 mg asam pantotenat melalui mulut setiap hari mencegah dan mengobati kekurangan asam pantotenat.

Mungkin Tidak Efektif untuk: Kerusakan kulit yang disebabkan oleh terapi radiasi (dermatitis radiasi). Menerapkan dexpanthenol, bahan kimia yang mirip dengan asam pantotenat pada kulit yang teriritasi, dan tidak dapat mengurangi kerusakan kulit akibat terapi radiasi.

Efek samping

Saat diminum: Asam pantotenat kemungkinan besar aman bagi kebanyakan orang. Jumlah yang disarankan untuk orang dewasa adalah 5 mg per hari. Jumlah yang lebih besar (hingga 1 gram) tampaknya aman bagi kebanyakan orang. Tetapi mengambil jumlah yang lebih besar meningkatkan kemungkinan efek samping seperti diare.

Saat dioleskan ke kulit: Dexpanthenol, bahan kimia yang mirip dengan asam pantotenat, mungkin aman bila digunakan dalam jangka pendek.

Ketika diberikan sebagai semprotan hidung: Dexpanthenol mungkin aman bila digunakan dalam jangka pendek.

Saat dioleskan ke mata: Dexpanthenol mungkin aman bila digunakan dalam jangka pendek.

Sumber vitamin B5

Cara terbaik untuk memastikan Anda mendapatkan cukup vitamin B5 adalah dengan makan makanan yang sehat dan seimbang setiap hari.

Vitamin B5 adalah vitamin yang mudah dimasukkan ke dalam pola makan yang baik. Ini dapat ditemukan di sebagian besar sayuran, termasuk:

  • Brokoli
  • Ubi putih dan manis
  • Sereal gandum

Sumber B5 sehat lainnya termasuk:

  • Ikan salmon
  • Jamur
  • Kacang polong
  • Kacang polong
  • Kacang-kacangan
  • Daging
  • Unggas
  • Produk susu
  • Telur

Rasakan manfaat pantothenic acid dengan mengkonsumsi Cool-Vita Chewable Tablet Multi-Vitamin sekarang!

Dosis

Asam pantotenat (pantothenic acid) banyak ditemukan dalam makanan, termasuk daging, sayuran, biji-bijian sereal, kacang-kacangan, telur, dan susu. Dianjurkan agar orang dewasa mengonsumsi 5 mg asam pantotenat setiap hari.

Saat hamil, 6 mg harus dikonsumsi setiap hari; saat menyusui, 7 mg harus dikonsumsi setiap hari. Jumlah yang disarankan untuk anak-anak tergantung pada usia.

Dalam suplemen, asam pantotenat biasanya digunakan bersama dengan vitamin B lainnya dalam formulasi vitamin B kompleks. Dexpanthenol, bahan kimia yang mirip dengan asam pantotenat, tersedia dalam bentuk salep, krim, gel, semprotan hidung, dan obat tetes mata.

Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan untuk mengetahui dosis apa yang terbaik untuk kondisi tertentu.

BAGIKAN

Artikel Terkait