Sahur atau Berbuka? Waktu yang Tepat Minum Vitamin C di Bulan Puasa

Daftar Minuman Detox Alami

Selama berpuasa, kondisi badan cenderung akan mudah lelah karena selama lebih dari 13 jam tidak ada asupan ke dalam tubuh. Itulah sebabnya, bagi kebanyakan orang dibutuhkan suplemen atau vitamin untuk mengatasi kekurangan nutrisi selama berpuasa.

Vitamin C yang mampu menjaga daya tahan tubuh dan diyakini memiliki fungsi meningkatkan sistem imunitas menjadi suplemen yang tepat untuk dikonsumsi pada saat berpuasa. Hal inilah yang bisa membuat tubuh tetap bugar meski sedang berpuasa.

Lalu kapan waktu yang tepat mengkonsumsi vitamin C? Pertanyaan ini sering muncul, apakah saat sahur atau berbuka. Tentunya jangan sampai niat mengkonsumsi suplemen untuk kebugaran malah mengganggu kondisi tubuh pada saat berpuasa.

Menurut beberapa ahli, vitamin C larut air baik dikonsumsi pada saat sahur. Sebaiknya minum vitamin C 30 menit sebelum makan sahur atau 1 jam setelah makan sahur. Pada kondisi perut kosong inilah waktu terbaik untuk penyerapan vitamin C larut air.

Vitamin ini biasanya akan mudah dicerna bersamaan dengan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Jenis vitamin C larut air biasanya juga tidak bertahan lama dalam tubuh dan sisa zat yang tidak diperlukan pun akan keluar bersamaan dengan urin.

Minum vitamin C pada saat berbuka puasa tidak dianjurkan karena perut yang kosong setelah seharian berpuasa akan kaget. Ini berlaku baik bagi yang memiliki riwayat penyakit maupun yang tidak. Bahkan mengkonsumsi vitamin C pada malam hari sebelum tidur justru membuat badan segar dan tidak mengantuk sehingga akan merusak jam istirahat.          

Nah, sudah tahukan kan kapan waktu terbaik konsumsi vitamin C saat berpuasa. Cool-Vita Effervescent Tablet dengan banyak varian rasa memiliki kandungan vitamin C, D dan Zinc yang mampu jaga kamu tetap fit menjalani puasa. Jangan lupa juga konsumsi makanan dan minuman bernutrisi pada saat sahur dan berbuka biar kondisi tubuh tetap bugar selama berpuasa.

BAGIKAN

Artikel Terkait