Lagi Diet Malah Bikin Lapar? Simak Cara Menahan Lapar Saat Diet

cara menahan lapar saat diet

Melakukan diet merupakan hal yang cukup menantang bagi sebagian orang. Diet dilakukan untuk menurunkan berat badan, mengatur pola makan, dan menjaga kesehatan. Salah satu masalah utama yang seringkali ditemukan saat menjalankannya adalah mencari cara menahan lapar saat diet.

Rasa lapar yang ditimbulkan saat menjalankan diet menjadi musuh utama bagi sebagian orang. Tidak hanya mengganggu aktivitas, rasa ini sulit dikontrol dan tidak jarang membuat program diet gagal untuk dilakukan. Agar diet dapat berjalan dengan baik, simak cara-cara di bawah ini sehingga SobatVit dapat mengontrol rasa lapar saat menjalankan diet.

Cara menahan lapar saat diet

Agar diet dapat berjalan dengan lancar, yuk, simak tips-tips menahan lapar pada saat menjalankan diet!

1. Konsumsi protein

Cara menahan lapar saat diet yang bisa kamu lakukan adalah mulai mengonsumsi lebih banyak protein. Protein adalah salah satu teman terbaik saat menjalankan diet.

Makanan yang mengandung membantu membangun massa otot, membakar lebih banyak kalori, dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Saat makan, pilih sumber protein seperti ayam, tahu, ikan, tempe, dan yogurt rendah lemak untuk memenuhi kebutuhan protein harian.

Baca Juga: 10 Makanan Tinggi Protein yang Must-Have di Menu Kamu

2. Batasi asupan karbohidrat

Konsumsi karbohidrat pada saat diet memang tidak dilarang. Karbohidrat sendiri berfungsi sebagai sumber energi. Namun, hal penting yang harus diperhatikan adalah membatasi asupan karbohidrat sehingga tidak menjadi lemak pada tubuh dan menambah berat badan.

Idealnya, asupan karbohidrat adalah 45-65% dari total asupan harian. Jadi, apabila sedang menjalankan program diet, SobatVit dapat konsumsi 100-150 gram karbohidrat setiap harinya.

3. Terapkan ‘mindful eating

Makan dengan kesadaran penuh atau mindful eating adalah tindakan menggunakan seluruh indera fisik dan emosional saat memilih dan mengonsumsi makanan tersebut. Saat makan, seringkali kita hanya melakukan tindakan tersebut tanpa mensyukuri dan memahami makanan yang kita pilih.

Untuk menerapkan mindful eating, kita harus memahami rasa dari makanan tersebut dan respons tubuh terhadap makanan tersebut. Terdapat empat aspek dalam menjalankan mindful eating:

  • Apa yang kamu makan?
  • Kenapa kamu konsumsi makanan tersebut?
  • Berapa banyak yang kamu makan?
  • Bagaimana cara kamu makan?

4. Minum air yang cukup

Air dapat menahan rasa lapar sementara dan menjaga berat badan. Terkadang, sinyal rasa lapar mirip dengan haus. Akibatnya, manusia seringkali makan karena sinyal tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, SobatVit bisa minum air yang cukup.

Baca Juga: Buat Kulit Sehat dan Tubuh Fit dengan Air Putih

5. Makan secara perlahan

Saat rasa lapar sudah menguasai tubuh, seringkali kita ingin cepat-cepat makan. Sayangnya, hal tersebut sebenarnya tidak sehat untuk tubuh. Makan dengan perlahan adalah cara yang tepat untuk membuat tubuh tidak mudah kelaparan.

Kecepatan makan mempengaruhi sistem hormon yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Apabila seseorang makan dengan cepat, biasanya porsi gigitan akan semakin besar dan mengakibatkan kalori yang semakin besar.

6. Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup dapat mengurangi rasa lapar sehingga berat badan tidak mudah naik. Kurang tidur dapat membuat tubuh merasa lapar, meningkatkan nafsu makan dan keinginan untuk makan. Untuk orang dewasa, minimal tidur yang cukup adalah tujuh sampai sembilan jam.

7. Konsumsi lebih banyak serat

Makanan tinggi serat dapat mengatur rasa kenyang lebih lama dengan cara memperlambat laju pencernaan. Selain itu, serat sendiri tidak mudah terurai sehingga rasa kenyang bertahan lebih lama dibandingkan makanan lainnya. Oleh karena itu, konsumsi makanan tinggi serat seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan sangat disarankan apabila sedang menjalankan diet.

SobatVit juga bisa lho konsumsi Cool-Vita Slimkeep Detox Drink untuk memenuhi kebutuhan serat saat diet. Suplemen ini terbuat dari buah-buahan dan sayur-sayuran sehingga dapat membuat kenyang lebih lama, dan mengikat minyak di dalam tubuh. Pastikan asupan nutrisi harian terpenuhi, sehingga diet yang dilakukan dapat berjalan dengan baik ya, SobatVit!

Referensi:

BAGIKAN

Artikel Terkait