Cara Melakukan Diet Defisit Kalori yang Benar

diet defisit kalori

Berat badan yang ideal merupakan dambaan banyak orang. Selain membuat penampilan lebih menarik, berat badan yang ideal juga dapat meningkatkan kesehatan. Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan melakukan diet defisit kalori.

Apa itu diet defisit kalori?

Diet defisit kalori adalah pola makan yang bertujuan untuk menciptakan defisit kalori, yaitu kondisi di mana jumlah kalori yang masuk ke tubuh lebih sedikit daripada jumlah kalori yang dibakar tubuh.

Dengan demikian, tubuh akan menggunakan cadangan energi berupa lemak untuk memenuhi kebutuhan energinya.

Orang melakukan defisit kalori untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan penurunan berat badannya.

Cara agar diet defisit kalori berhasil

Berikut tiga langkah penting yang dapat membantu kamu berhasil melakukan defisit kalori.

1. Menghitung kebutuhan kalori

Langkah pertama yang krusial dalam diet defisit kalori adalah memahami berapa banyak kalori yang kamu butuhkan setiap hari.

Hal ini akan menjadi dasar untuk menentukan berapa banyak kalori yang harus dikonsumsi untuk mencapai defisit kalori. Untuk melakukan ini, kamu perlu menghitung Basal Metabolic Rate (BMR) yang merupakan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh kamu untuk menjaga fungsi dasar seperti pernapasan dan detak jantung.

Meskipun kalkulator kalori memberikan gambaran bagus tentang kebutuhan kalori, kamu bisa mendapatkan angka yang lebih tepat dengan melacak asupan kalori dan berat badan selama 10 hari.

2. Perhatikan pola makan

Cara terbaik untuk mengurangi asupan kalori adalah dengan memperhatikan pola makan. Mulailah dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman tinggi kalori, seperti makanan olahan, serta makanan dan minuman manis.

Memasak makanan sendiri memberimu kontrol lebih baik atas jumlah kalori yang dimakan. Prioritaskan makanan yang mengandung protein tinggi, serat, vitamin, dan mineral, seperti sayuran, buah-buahan, ikan, telur, dan biji-bijian utuh.

3. Rutin berolahraga

Meskipun kamu dapat mencapai defisit kalori hanya dengan mengontrol asupan kalori, berolahraga akan membantumu mencapai berat badan ideal dengan lebih efisien.

Latihan kardiovaskular seperti jogging, bersepeda, atau berenang membantu membakar kalori tambahan, sementara latihan kekuatan seperti angkat beban membantu mempertahankan massa otot. Kombinasi kedua jenis latihan ini dapat memberikan hasil yang optimal.

Risiko melakukan diet defisit kalori yang berlebihan

Diet defisit kalori yang berlebihan dapat menimbulkan beberapa risiko, seperti:

  • kekurangan zat gizi,
  • melambatnya laju metabolisme,
  • mudah lelah,
  • dehidrasi,
  • perubahan mood menjadi tidak stabil,
  • sembelit, dan
  • susah tidur.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan defisit kalori secara aman dan terukur. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum memulai diet defisit kalori, terutama jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Tips menurunkan berat badan saat defisit kalori

Diet defisit kalori adalah cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Namun, penting untuk melakukan defisit kalori dengan benar untuk menghindari risiko kesehatan.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk melakukan defisit kalori agar berhasil.

  • Tetap terhidrasi: Terkadang, ketika kamu merasa lapar sebenarnya itu adalah sinyal tubuh bahwa kamu haus. Minumlah banyak air untuk membantu tubuh menyesuaikan diri dengan kalori defisit.
  • Dapatkan cukup protein: Mengonsumsi cukup protein membantu kamu merasa kenyang dan tetap aktif untuk mempertahankan massa otot.
  • Makanlah buah dan sayuran: Dietitian merekomendasikan lima porsi buah dan sayuran per hari. Kandungan air dalam makanan ini dapat membuat kamu merasa kenyang.
  • Konsumsi multivitamin: Pada awal diet defisit kalori, multivitamin dapat mengisi kesenjangan nutrisi saat kamu mulai menerapkan cara makan yang baru.

Dukung diet defisit kalori dengan minuman detox

Dalam usaha mencapai diet defisit kalori yang berhasil, minuman detox dapat menjadi solusi bantuan yang efektif.

Minuman detox seperti Cool-Vita Slimkeep Detox Drink dapat membantu dalam proses mendapatkan berat badan ideal.

Detox drink ini dapat membantu tubuh melakukan detoks, memaksimalkan penyerapan nutrisi dari makanan, dan mendukung pencernaan yang lebih baik. Minuman Cool-Vita ini hanya mengandung 40 kkal yang berarti kamu dapat mengonsumsinya sebagai pengganti minuman berkalori tinggi lainnya.

Dapatkan berat badan ideal dengan memulai diet defisit kalori sekarang!

Referensi:

BAGIKAN

Artikel Terkait