Mulai Pola Hidup Sehat dengan 6 Langkah Sederhana

Mulai Gaya Hidup Sehat dengan 6 Langkah Sederhana

Rutinitas yang padat dapat mempengaruhi pola hidup kita. Tanpa disadari banyak faktor negatif yang timbul dan mengganggu kesehatan maupun imunitas kita. Contohnya pola makan dan waktu tidur yang tidak teratur bisa menyebabkan stres. Banyak orang lupa menyisihkan waktunya untuk makan dan memilih fokus pada pekerjaannya sehingga kualitas istirahatnya kurang.

Hal-hal inilah yang bisa mempengaruhi sistem imunitas tubuh sehingga membuat daya tahan tubuh menurun. Sebelum terlanjur, ada baiknya mulai merubah kebiasaan dan pola hidup kita menjadi lebih baik.

Berikut 6 langkah pola hidup sehat sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terlindungi:

1. Air putih

Salah satu cara hidup sehat yang paling sederhana adalah minum air putih. Dengan minum air putih, racun yang ada di dalam tubuh dapat dikeluarkan bersamaan dengan air seni. Dengan banyaknya aktivitas sehari-hari, tubuh juga membutuhkan unsur cairan. Minum setidaknya minimal 2 liter atau 8 gelas per hari agar terhindar dari dehidrasi dan penyakit lainnya.

2. Istirahat dan tidur cukup

Jangan salah, istirahat yang cukup berperan penting untuk kesehatan. Kesibukan dan aktivitas yang padat membuat tubuh rentan terhadap penyakit. Ketika tidur tubuh melakukan proses regenerasi sel dan memberi jeda pada organ untuk beristirahat. Tidur minimal delapan jam sehari agar kondisi selalu prima.

3. Olahraga

Meski aktivitas padat, luangkan waktu untuk berolahraga. Olahraga akan membuat tubuh menjadi fit dan bugar. Keringat yang dikeluarkan pada saat olahraga pun akan turut membawa racun dalam tubuh kita. Tidak harus yang berat, olahraga ringan seperti jogging, bersepeda atau naik dan turun tangga bisa kalian lakukan disela-sela kesibukan.

4. Kelola stres dan kesehatan mental

Stres rentan menurunkan daya tahan tubuh sehingga gampang terserang penyakit. Begitupun kesehatan mental juga perlu diperhatikan karena mental merupakan fondasi kesehatan. Jauhi dan atasi penyebab stres agar pikiran dan hati merasa lega. Ada kalanya berhenti sejenak dan bersantai untuk melakukan kegiatan yang disukai. Dan biasakan selalu melihat sisi kehidupan yang positif.

5. Menghentikan kebiasaan buruk

Ada beberapa kebiasaan buruk yang patut dihentikan demi pola hidup sehat seperti; konsumsi alkohol, rokok dan junk food. Karena kebiasaan buruk ini akan membuat organ-organ di dalam tubuh menjadi rusak.

6. Asupan makanan

Untuk menjaga pola hidup sehat, kamu perlu atur konsumsi makanan apa saja setiap harinya. Penuhi kebutuhan gizi tubuh dengan mengkonsumsi Protein, Karbohidrat, Vitamin dan mineral. Konsumsi dengan kandungan vitamin C, D dan Zinc nya mampu penuhi kebutuhan asupan vitamin harianmu. Jangan lupa juga hindari makanan berlemak tinggi yang dapat menyebabkan penimbunan kolesterol.

BAGIKAN

Artikel Terkait