Jangan Biarkan Rambutmu Pergi! Cari Tahu 6 Penyebab Rambut Rontok

penyebab rambut rontok

Saat menyisir rambut, SobatVit mungkin memperhatikan helaian yang jatuh begitu rambut disisir. Secara normal, manusia kehilangan 50 sampai 100 helai setiap harinya. Apabila melebihi 100 helai maka SobatVit perlu memahami penyebab rambut rontok untuk menemukan solusi dan perawatan yang efektif.

Penyebab rambut rontok

Kehilangan beberapa helai rambut adalah proses alami yang dialami oleh semua orang. Jika merasa sering mengalami rambut rontok dalam jumlah yang tidak wajar, ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut rontok.

Berikut adalah beberapa penyebab umum rambut rontok:

1. Genetik

Penyebab ini dipengaruhi oleh faktor keturunan dan genetika yang diwariskan dari orang tua ke anak. Secara khusus, faktor genetik berperan dalam menyebabkan rambut rontok pada laki-laki dan perempuan.

Peran genetik memengaruhi seberapa sensitif folikel rambut terhadap pertumbuhan rambut. Jika orang tua atau kakek-nenek memiliki riwayat kerontokan rambut, kemungkinan seseorang juga memiliki risiko yang lebih tinggi.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Rapuh

2. Anemia

Kondisi anemia sering kali disebabkan oleh kekurangan zat besi, salah satu komponen penting dalam produksi hemoglobin.

Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan sel darah merah kurang mampu mengangkut oksigen dengan baik. Ketika sel darah merah tidak dapat memberikan oksigen yang cukup ke folikel rambut, pertumbuhan rambut terganggu, dapat menyebabkan rambut rontok.

Untuk mengatasi rambut rontok yang disebabkan oleh anemia, perlu dilakukan pemeriksaan medis untuk menentukan penyebab anemia dan tingkat keparahannya.

3. Stres

Peningkatan hormon kortisol dalam tubuh terjadi apabila seseorang mengalami stres.

Hormon ini dapat memengaruhi pertumbuhan rambut dengan beberapa cara. Salah satu cara utama adalah menghentikan pertumbuhan rambut yang normal.

Selain itu, stres juga dapat memicu kebiasaan buruk seperti mencabuti rambut atau menggaruk kulit kepala yang bisa merusak folikel rambut dan memicu kerontokan rambut.

4. Kurang kolagen

Kolagen membantu mempertahankan struktural kulit kepala dan folikel rambut yang mendukung pertumbuhan rambut kuat dan sehat.

Ketika tubuh mengalami kekurangan kolagen, folikel rambut dapat melemah dan rambut menjadi lebih rapuh.

Selain itu, kolagen juga berperan dalam mendukung sirkulasi darah yang baik. Kekurangan sirkulasi darah ke folikel rambut dapat mengganggu pasokan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan oleh rambut untuk tumbuh dengan baik.

Baca Juga: Bukan Hanya Keriput! Ciri-ciri Wajah Kekurangan Kolagen

5. Gaya hidup

Pola hidup yang kurang baik seperti merokok, konsumsi alkohol berlebihan, kurang tidur, dan diet yang tidak seimbang dapat mempengaruhi kesehatan rambut.

Merokok mengakibatkan kurangnya pasokan nutrisi dan oksigen ke akar rambut yang mempengaruhi pertumbuhan rambut dan menyebabkan rambut rontok.

Alkohol juga dapat mengganggu penyerapan nutrisi penting dalam tubuh dan mengganggu keseimbangan hormon.

Kurang tidur dapat berdampak negatif pada kesehatan rambut. Saat tidur, tubuh memulihkan diri dan memperbaiki sel-sel termasuk folikel rambut. Kurang tidur dapat mengganggu proses ini dan mempengaruhi pertumbuhan rambut.

Diet yang tidak seimbang dapat melemahkan folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok. Makanan yang kaya akan nutrisi seperti sayuran hijau, buah-buahan, daging, dan produk susu adalah bagian penting dari pola makan untuk menjaga kesehatan rambut.

6. Penuaan

Salah satu perubahan dari penuaan adalah penipisan rambut. Rambut cenderung menjadi lebih tipis karena folikel rambut mengurangi produksi rambut baru, dan rambut yang tumbuh cenderung lebih lemah.

Penuaan juga dapat memengaruhi kualitas rambut. Rambut mungkin menjadi lebih tipis, kering, dan kurang elastis seiring bertambahnya usia. Folikel rambut juga dapat melemah, dan pertumbuhan rambut menjadi lebih lambat.

Selain perubahan hormonal, faktor-faktor lain yang terkait dengan penuaan seperti paparan sinar matahari berlebihan, stres oksidatif, dan kekurangan nutrisi, juga dapat berkontribusi pada rambut rontok. Oleh karena itu, penting untuk menjaga gaya hidup sehat, menjaga asupan nutrisi yang baik, dan melindungi rambut dari faktor lingkungan yang berpotensi merusak.

Cara mengatasi rambut rontok

Dengan cara yang tepat dan perawatan yang benar, rambut rontok dapat diatasi. Beberapa cara yang bisa SobatVit lakukan untuk mengatasi rambut rontok adalah,

  • Gunakan produk perawatan rambut yang tepat
  • Jaga gaya hidup yang sehat
  • Perbanyak asupan makanan yang bernutrisi
  • Jaga kebersihan rambut dan kulit kepala
  • Konsumsi suplemen kolagen dan biotin tambahan

Untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut, SobatVit juga bisa lho konsumsi suplemen kolagen dengan Cool-Vita Collagen Drink! Suplemen ini mengandung kolagen alami yang bisa menjaga kesehatan rambut dengan rasa yang enak dengan kemasan praktis yang mudah dibawa kemana-mana.

Jika rambut rontok tidak kunjung usai dan semakin parah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran dan perawatan yang sesuai.
Selamat menjaga kesehatan rambut!

Referensi:

BAGIKAN

Artikel Terkait