4 Jenis Olahraga Untuk Daya Tahan Tubuh Makin Prima

4 Jenis Olahraga Untuk Daya Tahan Tubuh Makin Prima

Apakah olahraga bisa tingkatkan daya tahan tubuh? Tentu iya jawabannya! Tak hanya untuk menurunkan berat badan saja, banyak manfaat positif bagi tubuh dengan berolahraga. Salah satunya meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh. Selain itu juga mampu mengurangi resiko penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan mental.

Menjaga daya tahan tubuh tak hanya dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang. Olahraga secara teratur membuat badan tidak mudah lelah dan membantu meningkatkan imunitas. Itu karena pada saat berolahraga suhu tubuh akan memanas sehingga pertumbuhan bakteri akan melambat.

Gerak fisik menjadi langkah efektif untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Walau kadang untuk memulainya saja sebagian orang enggan karena tingkat kesulitan atau bahkan kebingungan untuk memulai dari mana.

Sesungguhnya olahraga apapun baik untuk kesehatan asalkan dilakukan dengan benar. Namun, pastinya lakukan dengan konsisten dan sesuai dengan porsinya.

Berikut 4 olahraga untuk daya tahan tubuh yang patut dicoba:

1. Bersepeda

Selain melatih otot kaki, bersepeda dapat meningkatkan kekuatan jantung dan stamina. Olahraga ini cukup aman dari resiko cedera otot sehingga sangat cocok bagi pemula. Apalagi belakangan tren bersepeda sedang ramai, sehingga selain berolahraga sekaligus bisa refreshing dengan mengunjungi tempat-tempat favorit.

Jika enggan keluar rumah karena paparan sinar matahari, bisa juga melakukan olahraga dengan sepeda statis di dalam rumah. Baik di luar atau di dalam ruangan, jika dilakukan secara rutin dan benar maka daya tahan tubuh akan semakin meningkat dan selalu terjaga.

2. Jogging

Aktivitas olahraga kedua yang bisa dicoba adalah jogging. Olahraga ini tak hanya melatih kekuatan otot kaki, tapi juga bermanfaat bagi sistem pernapasan dan kerja jantung. Dengan melakukan olahraga ini bisa membuat bakteri dan patogen yang ada di dalam paru-paru akan keluar, sehingga dapat mengurangi resiko sakit parah ataupun infeksi.

Bagi pemula, melakukan jogging 10 menit sama dengan mendapatkan manfaat berjalan kaki selama 20 menit. Jika sudah mulai terbiasa, bisa meningkatkan durasi latihan hingga 30 menit untuk mendapat manfaat yang lebih maksimal.

3. Aerobik

Aerobik jadi olahraga selanjutnya yang patut kamu coba. Walaupun kebanyakan wanita yang sering melakukannya, namun belakangan para pria mulai berminat dengan olahraga ini.

Gerakan kombinasi antara olahraga dan tarian dengan diiringi musik modern membuat olahraga ini sangat fun untuk dilakukan. Bahkan jika malas untuk mengikuti kelas di luar, kalian bisa melakukannya dirumah dengan mengikuti tutorial yang banyak beredar di internet.

4. Berenang

Olahraga yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi daya tahan tubuh manusia. Dibutuhkan stamina yang prima untuk melakukan olahraga ini disamping keseimbangan dan koordinasi tubuh. Itulah sebabnya banyak orang cukup kesulitan, bahkan banyak orang yang tidak bisa melakukannya.

Jika kamu ingin mencoba olahraga ini, ada baiknya kamu lakukan pemanasan sebelum berenang untuk menghindari kram kaki. Bila perlu ikuti kelas agar mendapatkan pengawasan dan semakin mahir. Olahraga berenang sangat baik untuk meningkatkan stamina tubuh agar kondisi badan selalu terjaga baik.

Itu dia 4 olahraga yang bisa kalian coba untuk meningkatkan daya tubuh. Namun tentunya selalu diiringi dengan asupan makanan dengan kandungan gizi yang seimbang. Bila perlu tambah dengan mengkonsumsi suplemen vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh semakin prima.

BAGIKAN

Artikel Terkait