Apakah BAB Bisa Menurunkan Berat Badan? Mitos dan Fakta

Apakah BAB bisa menurunkan berat badan

Setelah makanan selesai dicerna, tubuh akan mengeluarkannya saat buang air besar (BAB). Proses ini penting untuk menjaga kesehatan pencernaan dan menghilangkan racun dari tubuh.

Banyak orang yang percaya bahwa BAB dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena BAB dianggap dapat menghilangkan berat dari tubuh yang berupa sisa makanan dan cairan yang tidak dapat dicerna.

Namun, apakah BAB bisa menurunkan berat badan? Temukan jawaban selengkapnya di artikel ini.

Apakah BAB bisa menurunkan berat badan?

Setelah buang air besar, tubuh akan terasa lebih ringan dari sebelumnya. Namun, penurunan berat badan yang terjadi akibat BAB hanya bersifat sementara dan tidak signifikan.

Setiap kali BAB, tubuh akan mengeluarkan sisa makanan dan kotoran yang beratnya sekitar 128 gram. Jumlah ini sangat kecil jika dibandingkan dengan berat badan total seseorang. Tidak hanya itu, orang secara bertahap akan mengganti yang keluar dari tubuh dengan makan lagi.

Berat kotoran BAB bervariasi tergantung pada beberapa faktor:

  • ukuran badan
  • kebiasaan makan
  • berapa banyak air yang kamu minum
  • keteraturan buang air besar

Tips buang air besar yang sehat

Untuk menjaga kesehatan pencernaan dan BAB lancar, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

1. Konsumsi makanan berserat

Makanan berserat dapat membantu melancarkan BAB. Kamu bisa mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Baca Juga: 11 Makanan yang Mengandung Serat untuk Kesehatan

2. Minum air yang cukup

Air membantu melembapkan feses dan memperlancar proses BAB. Kita dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari.

3. Hindari makanan yang dapat menyebabkan sembelit

Contoh makanan yang dapat menyebabkan sembelit adalah makanan olahan, makanan cepat saji, dan makanan yang tinggi lemak jenuh.

Cara terbaik untuk menurunkan berat badan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, BAB bukan merupakan cara menurunkan berat badan yang efektif. Namun, kamu bisa melakukan olahraga, diet, atau perubahan pola makan untuk membantu menurunkan berat badan.

Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan selain buang air besar. Beberapa cara yang paling efektif adalah:

1. Mengurangi asupan kalori

Mengurangi asupan kalori merupakan salah satu cara paling efektif untuk menurunkan berat badan. Hal ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat dan rendah kalori.

2. Meningkatkan aktivitas fisik

Aktivitas fisik juga berperan penting dalam penurunan berat badan. Olahraga yang teratur dapat membantu membakar kalori dan meningkatkan massa otot.

Baca Juga: Diet atau Olahraga: Mana yang Lebih Ampuh dalam Menurunkan Berat Badan?

3. Konsumsi makanan yang kaya serat

Selain membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit, serat juga dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga kamu akan makan lebih sedikit.

SobatVit juga bisa mengonsumsi Cool-Vita Slimkeep Detox Drink yang mengandung serat tinggi dan kumpulan enzim yang membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Minuman ini dapat mendukung proses penurunan berat badan sekaligus menjaga berat badan yang ideal.

Kesimpulan

BAB tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap berat badan dalam jangka pendek. Namun, BAB yang teratur dapat berpengaruh positif dalam menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah konstipasi.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat tentang BAB dan penurunan berat badan:

  • BAB hanya dapat mengurangi berat badan sebesar berat feses yang dikeluarkan.
  • BAB yang teratur dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan metabolisme.
  • BAB yang teratur dapat membantu mencegah konstipasi.

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, BAB bukanlah solusi yang efektif. SobatVit perlu menerapkan pola makan sehat dan berolahraga secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

BAGIKAN

Artikel Terkait