Diet atau Olahraga: Mana yang Lebih Ampuh dalam Menurunkan Berat Badan?

diet atau olahraga

Diet atau olahraga adalah dua hal yang saling berkaitan dalam menjaga kesehatan tubuh. Diet yang sehat akan membantu tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, sedangkan olahraga akan membantu tubuh membakar kalori dan lemak.

Selain itu, kedua hal ini juga berperan penting dalam proses menurunkan berat badan atau mencapai berat badan ideal. Namun, mana yang lebih baik untuk menurunkan berat badan? Diet atau olahraga? Temukan jawabannya di sini.

Diet sebagai kunci utama penurunan berat badan

Diet adalah unsur penting dalam upaya menurunkan berat badan. Apa yang kamu makan sangat memengaruhi asupan kalori harian. Untuk mengurangi berat badan, kamu harus menciptakan defisit kalori yang berarti kamu harus mengkonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dibakar.

Diet yang seimbang dan berpola makan yang baik dapat membantu mencapai tujuan ini.

1. Konsumsi kalori

Salah satu aspek paling penting dalam penurunan berat badan adalah pengaturan asupan kalori. Diet yang sehat membantu kamu mengontrol jumlah kalori yang kamu makan sehingga kamu dapat mencapai defisit kalori yang diperlukan untuk penurunan berat badan.

Defisit kalori terjadi ketika kamu mengkonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dibakar. Ini memaksa tubuh untuk menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi.

2. Pilihan makanan sehat

Makanan yang kamu konsumsi juga sangat penting. Memilih makanan yang kaya serat, protein, vitamin, dan mineral adalah langkah penting dalam diet penurunan berat badan. Selain itu, kamu juga perlu mulai untuk menghindari makanan olahan, gula tambahan, dan makanan cepat saji

3. Pengendalian porsi makan

Mengontrol porsi makanan adalah kunci lainnya dalam diet penurunan berat badan. Meskipun kamu mungkin makan makanan sehat, makan dalam jumlah berlebihan masih dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

4. Fleksibilitas

Diet yang sehat tidak selalu berarti makanan yang membosankan. Kamu masih dapat menikmati makanan favoritmu dengan bijak.

Baca Juga: Cara Diet Tanpa Olahraga: Menuju Tubuh Impian Tanpa Keringat!

Peran penting olahraga dalam penurunan berat badan

Olahraga juga memainkan peran penting dalam penurunan berat badan dan memiliki banyak manfaat kesehatan tambahan. Olahraga membantu kamu membakar kalori tambahan dan memperkuat otot.

Berikut manfaat olahraga dalam proses menurunkan berat badan.

1. Membakar kalori

Olahraga adalah cara yang efektif untuk membakar kalori. Aktivitas fisik meningkatkan kebutuhan energi tubuh yang pada gilirannya membantu kamu mencapai defisit kalori yang diperlukan.

Jenis olahraga yang kamu pilih, seperti kardio atau latihan kekuatan, dapat memengaruhi seberapa banyak kalori yang dibakar.

Baca Juga: 7 Jenis Olahraga Mengecilkan Perut yang Bisa Kamu Coba

2. Meningkatkan metabolisme

Latihan reguler juga dapat meningkatkan metabolisme. Semakin tinggi tingkat metabolisme kamu, semakin banyak kalori yang dibakar bahkan saat kamu istirahat.

Ini berarti bahwa kamu dapat terus membakar lemak bahkan setelah selesai berolahraga.

3. Meningkatkan kesehatan tubuh

Selain membantu kamu menurunkan berat badan, olahraga juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Ini termasuk meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat otot dan tulang, serta meningkatkan kesejahteraan mental.

Namun, penting untuk diingat bahwa olahraga saja mungkin tidak cukup untuk mencapai penurunan berat badan yang signifikan jika pola makan kamu tidak seimbang. Di sisi lain, hanya diet tanpa olahraga dapat menyebabkan kehilangan massa otot dan berkurangnya metabolisme.

Diet atau olahraga mana yang lebih baik?

Semua orang yang ingin menurunkan berat badan sering kali bertanya apakah diet atau olahraga lebih penting untuk menurunkan berat badan.

Diet atau berolahraga saja tidak cukup untuk mendapatkan kesehatan yang optimal, tetapi dalam hal penurunan berat badan, mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang lebih efektif daripada olahraga.

Mengutip dari Mayo Clinic, diet lebih efektif untuk menurunkan berat badan dibandingkan aktivitas fisik. Namun, setelah kamu mendapatkan tubuh ideal, olahraga jauh lebih efektif untuk menjaga berat badan.

Colleen Alrutz, manajer kesehatan dan kebugaran di Piedmont Newnan, juga mengatakan bahwa diet lebih efektif 70% dalam hal menurunkan berat badan. Untuk mempercepat hasil penurunan berat badan, padukan pola makan sehat dengan aktivitas fisik teratur.

Sebenarnya, kedua hal tersebut sama-sama penting dalam proses menurunkan berat badan. Diet membantu kamu mengatur asupan kalori dan memilih makanan sehat, sementara olahraga membantu kamu membakar kalori dan memperkuat tubuh. Kombinasi dari kedua elemen ini adalah kunci untuk sukses dalam penurunan berat badan dan menjaga berat badan tetap ideal.

Dalam proses menurunkan berat badan, SobatVit juga bisa ikut mengonsumsi Cool-Vita Slimkeep Detox Drink. Minuman ini mengandung kumpulan serat dari buah dan sayuran yang bisa membantu tubuh merasa kenyang lebih lama.

SobatVit juga bisa menjalankan diet defisit kalori dengan minuman ini karena ia hanya mengandung 40 kkal per kemasannya.

Dengan komitmen dan disiplin, kamu dapat mencapai berat badan yang sehat dan menjaga kesehatan tubuh.

Referensi:

Is diet or exercise more important for your health? – Healthline

Which is better for losing weight – diet or exercise? – Mayo Clinic

Diet vs exercise for weight loss – Piedmont Newnan

Why exercise won’t make you thin – The Guardian

BAGIKAN

Artikel Terkait