Ikuti Tips Diet Pemula, Miliki Tubuh yang Sehat dan Ideal

tips diet pemula

Diet merupakan salah satu cara untuk menjaga pola makan yang sehat dan upaya menurunkan berat badan. Perlu diingat, menjalankan diet bagi pemula bukan untuk langsung menjalankan pola makan yang ketat, tapi untuk menerapkan baik untuk tubuh.

Terdapat beberapa tips diet untuk pemula agar diet dapat berjalan dengan aman dan nyaman.

Tips diet pemula yang aman

Mungkin SobatVit bertanya-tanya, “apa gunanya diet?” atau “bagaimana cara memulai diet yang tepat?”

Bagi pemula, diet merupakan proses di mana mengenal tubuh lebih baik lagi, memahami apa kebutuhan tubuh, dan memulai gaya hidup yang lebih sehat. Berikut adalah langkah-langkah yang tepat untuk memulai diet.

1. Buat pencapaian selama diet

Tips diet pemula pertama adalah menentukan pencapaian yang realistis dapat mendukung diet berjalan dengan baik. Selain menambah motivasi, membuat pencapaian dapat menentukan diet yang sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing.

Melakukan diet tidak perlu terburu-buru. Proses ini harus dilakukan secara perlahan agar diet dapat berkelanjutan. Menurunkan berat badan secara perlahan-lahan dapat meningkatkan kesehatan, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan kolesterol.

2. Pilih pola makan yang sehat

Saat diet, penting untuk mengetahui bagaimana pola makan kita sebelumnya. Setelah mengetahuinya, SobatVit bisa membuat rencana pola makan yang sehat seperti makan tepat waktu, perbanyak konsumsi protein, mengurangi konsumsi makanan olahan, dan gula berlebihan.

Selain itu, pola memantau asupan kalori dapat mengatasi asupan kalori berlebih yang berujung dapat menambah berat badan.

Baca Juga: Cara Melakukan Diet Defisit Kalori yang Benar

3. Rutin olahraga

Diet juga harus disertai dengan aktivitas fisik yang cukup. Massa otot harus tetap dijaga karena otot lebih banyak berperan untuk metabolisme tubuh dibandingkan dengan lemak.

Sebagai salah satu tips diet pemula, olahraga dapat membantu meningkatkan massa otot, sehingga proses diet dapat berjalan dengan lancar. Cobalah untuk bergerak secara teratur, seperti berjalan kaki, bersepeda, jogging, dan melakukan lompat tali.

4. Mengatur stres

Tubuh manusia memiliki kemampuan untuk menghadapi stres. Saat mengalaminya, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol dan adrenalin. Hormon kortisol akan memicu rasa lapar yang ada di tubuh dan menyebabkan berat badan naik.

Hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi stres yaitu,

  • Kenali tanda-tanda stres seperti cemas, bingung, dan perasaan tersinggung
  • Kenali rasa lapar, apakah karena stres atau benar-benar lapar
  • Melakukan meditasi dan relaksasi
  • Mencari dukungan dari orang yang dapat dipercaya
  • Bertemu dengan psikolog atau psikiater

5. Hindari makan terlalu malam

Untuk menjaga berat badan, lebih baik makan malam sebelum jam delapan malam. Makan dengan jangka waktu tiga sampai empat jam setiap harinya dapat membuat tubuh mengatur rasa lapar dan gula darah.

Makan camilan yang sehat dan ringan diperbolehkan saat malam hari dengan tetap mengontrol asupan kalori. Untuk mencegah makan berlebihan, hindari makan sambil menonton, dan pilih camilan yang rendah kalori.

Baca Juga: Camilan untuk Diet: Ngemil Sehat Tanpa Khawatir Berat Badan Naik

6. Konsumsi makanan tinggi serat

Kandungan serat yang terdapat pada buah, sayur, biji-bijian, dan berbagai makanan serat lainnya dapat menurunkan berat badan.

Berikut adalah makanan dengan kandungan serat yang tinggi

  • Buah: Jambu biji, jeruk, apel, dan pisang
  • Sayur: bayam, wortel, dan brokoli
  • Makanan lain: ubi jalar dan kacang almond

SobatVit juga bisa konsumsi tambahan serat dari Cool-Vita Slimkeep Detox Drink saat diet. Suplemen ini tinggi serat karena dibuat dari sayur-sayuran dan buah-buahan serta dapat mengikat minyak berlebih yang terdapat pada tubuh.

Memulai diet memang bukan suatu hal yang mudah. Diet membutuhkan waktu, proses dan perjuangan yang cukup besar. Tidak hanya untuk menurunkan berat badan, diet juga membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Jangan ragu untuk konsultasi kepada dokter atau ahli gizi apabila SobatVit masih ragu menjalankan diet yang sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing. Selamat menjalankan diet yang sehat!

Referensi:

BAGIKAN

Artikel Terkait