Diet Telur Rebus: Solusi Sederhana untuk Menurunkan Berat Badan

diet telur rebus

Telur memiliki banyak manfaat karena mengandung protein, kalori, vitamin, dan kaya akan mineral. Jika SobatVit sedang dalam usaha untuk menurunkan berat badan, telur juga bisa kamu gunakan untuk diet. Beberapa cara ini bisa dilakukan untuk menjalankan diet telur rebus.

Apa itu diet telur rebus?

Diet telur rebus adalah metode diet yang menggunakan telur rebus sebagai sumber utama protein. Setiap waktu makan, telur rebus dikonsumsi bersama dengan serat dari sayur dan buah.

Telur rebus adalah sumber protein yang mengandung semua asam amino. Selain itu, telur juga mengandung vitamin dan mineral penting seperti vitamin D, vitamin B12, zat besi, dan sebagainya. Dalam diet telur rebus biasanya seseorang akan makan telur rebus dan memadukannya dengan makanan rendah kalori lainnya seperti sayuran dan buah-buahan.

Cara melakukan diet telur rebus

Untuk melakukannya, SobatVit harus menggunakan telur rebus sebagai asupan utama protein dan menghindari makanan berlemak dan tinggi karbohidrat, gula, serta makanan olahan.

Menurut Healthline, berikut adalah makanan dan minuman yang boleh dikonsumsi selama melakukan diet telur rebus:

  • Telur rebus, telur apung (poached egg), dan telur orak-arik
  • Sayuran tidak mengandung tepung (bayam, kale, brokoli, tomat)
  • Protein tanpa lemak (ikan, daging tanpa kulit dan lemak)
  • Buah rendah karbohidrat (lemon, jeruk nipis, jeruk, semangka, beri)
  • Minuman tanpa kalori (air putih, soda diet, teh dan kopi tanpa gula)
  • Lemak dan minyak dalam jumlah sedikit (minyak kelapa, mayones, mentega)

Selain itu, ada juga beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari selama menjalankan diet telur rebus:

  • Buah tinggi karbohidrat (nanas, pisang, mangga, buah yang dikeringkan)
  • Minuman dengan gula tinggi (soda, jus, minuman berkarbonasi, minuman energi)
  • Sayuran bertepung (kentang dan jagung)
  • Roti, pasta, dan barley
  • Makanan olahan

Baca Juga: Sehat dan Langsing Tanpa Batas! Rahasia Tersembunyi dari Diet Mayo

Manfaat diet telur rebus

Menurut dr. Lisa Young, PhD, RDN, telur rebus memiliki protein yang baik untuk tubuh. Kalori yang diberikan oleh telur rebus juga rendah sehingga bisa menurunkan berat badan.

Telur juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Walaupun begitu, sebaiknya tidak konsumsi telur sebagai makanan utama secara terus menerus dan kombinasikan dengan sayur dan buah-buahan yang sehat.

Efek samping diet telur rebus

Banyak manfaat yang bisa diambil dari diet telur rebus. SobatVit juga harus memperhatikan berbagai efek samping yang harus diwaspadai dari telur.

1. Kekurangan nutrisi

Telur rebus mengandung 0% serat. Apabila konsumsi telur tanpa serat bisa membuat SobatVit mengalami sembelit.

Selain itu, diet telur rebus juga membuat tubuh kekurangan nutrisi jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Masalah yang bisa timbul adalah kekurangan energi, haid yang berantakan, dan kerusakan tulang.

2. Kolestrol

Telur adalah sumber kolesterol yang cukup tinggi. Jika memiliki masalah seputar kolesterol, diet ini mungkin tidak cocok untuk dilakukan.

Jika hendak menjalankan diet telur rebus sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter apabila memiliki riwayat penyakit kolesterol.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi? Coba Tujuh Makanan Penurun Kolesterol Ini

Penutup

Diet telur rebus dapat menjadi pilihan yang efektif untuk menurunkan berat badan dan mencapai tubuh yang lebih sehat.

Tidak hanya diet telur rebus, SobatVit juga bisa menurunkan berat badan dengan Cool-Vita Slimkeep Detox Drink. Suplemen ini bisa menjaga berat badan, melancarkan pencernaan, dan memberikan serat yang baik untuk tubuh.

Penting untuk menjalani diet ini dengan bijak dan seimbang serta selalu berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter sebelum memulainya.

Jangan lupakan untuk tetap aktif secara fisik dan mengonsumsi makanan lain yang kaya nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Referensi:

BAGIKAN

Artikel Terkait