Jus untuk Diet, Cara Menjaga Berat Badan Ideal

jus untuk diet

Dalam upaya untuk menurunkan berat badan dan menjalani gaya hidup sehat, jus untuk diet adalah salah satu pilihan yang populer. Jus mengandung nutrisi penting yang dapat membantu kamu merasa kenyang dan tetap sehat.

Namun, penting untuk memilih jus yang tepat untuk diet kamu, karena beberapa jenis jus dapat mengandung gula tambahan yang tinggi atau kalori berlebih.

Rekomendasi jus untuk diet

Jus yang cocok untuk diet adalah jus yang rendah kalori dan mengandung banyak nutrisi. Berikut adalah beberapa jenis jus untuk diet yang bisa kamu coba.

1. Jus sayuran

Jus sayuran seperti bayam, kale, atau selada adalah pilihan populer bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Jus ini rendah kalori, tetapi kaya akan nutrisi dan serat yang membantu menjaga rasa kenyang.

Selain itu, jus sayuran hijau kaya akan klorofil yang dapat membantu membersihkan racun dari tubuh Anda. Jus ini juga mengandung sedikit gula alami sehingga cocok untuk kamu yang berusaha menurunkan berat badan.

2. Jus apel

Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Oleo Science mengklaim bahwa jus apel dapat secara signifikan mengurangi lemak perut dalam hitungan minggu.

Jus apel umumnya rendah kalori, terutama jika kamu membuatnya sendiri tanpa menambahkan gula tambahan. Ini membuatnya cocok untuk diet karena kamu dapat menikmati rasa manis alami apel tanpa banyak kalori tambahan.

Meskipun jus apel sehat, kandungan gula alami yang ada dalam apel dapat meningkatkan kadar gula darah kamu jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

3. Jus bit

Jus bit adalah salah satu jus untuk diet yang dapat mendukung tujuan penurunan berat badan. Nutrisi dalam jus bit, seperti vitamin C, bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh yang berarti tubuh kamu akan membakar kalori lebih efisien.

Jus ini juga mengandung nitrat yang dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otot sehingga kamu dapat berolahraga lebih lama. Rendah kalori dan kaya serat, jus bit dapat membantu kamu mencapai berat badan ideal.

4. Jus wortel

Jus yang baik untuk diet selanjutnya adalah jus wortel. Meski kandungan seratnya lebih sedikit serat daripada wortel utuh, jus wortel masih mengandung serat yang dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Ini membantu mengendalikan nafsu makan dan mencegah ngemil berlebihan.

Kamu juga bisa menambahkan bahan lain ke dalam jus wortel untuk menciptakan variasi rasa dan mendapatkan lebih banyak nutrisi.

Jus wortel bisa menjadi alternatif yang lebih sehat daripada minuman bersoda atau minuman berkalori tinggi lainnya.

5. Jus delima

Selain nikmat dan menyegarkan, jus delima merupakan minuman sehat rendah kalori yang dapat menunjang penurunan berat badan.

Buah delima juga kaya akan polifenol yang dikenal sebagai pembakar lemak alami. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi makanan yang tinggi akan zat tersebut dapat berkontribusi pada penurunan berat badan dan juga mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.

6. Jus timun

Jus untuk diet lainnya yang bisa kamu coba adalah jus timun. Tinggi kandungan air dan rendah kalori, minum jus timun dapat memberikan rasa segar tanpa menambah banyak kalori pada pola makan kamu.

Tidak hanya itu, jus timun mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal.

Tips mengonsumsi jus untuk diet

Berikut adalah beberapa tips mengonsumsi jus untuk diet:

  • Konsumsi jus dalam jumlah yang wajar. Jus mengandung kalori yang rendah, tetapi tetap mengandung gula. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi jus dalam jumlah yang wajar.
  • Campurkan buah-buahan dan sayuran. Konsumsi jus yang mengandung campuran buah-buahan dan sayuran akan memberikan nutrisi yang lebih lengkap.
  • Hindari jus kemasan. Jus kemasan biasanya mengandung gula dan pengawet tambahan. Oleh karena itu, lebih baik membuat jus sendiri di rumah.

Dengan mengonsumsi jus yang tepat, kamu bisa menurunkan berat badan dengan lebih sehat dan efektif.

Bila kamu mulai bosan minum jus setiap hari, kamu bisa menggantinya dengan Cool-Vita Slimkeep Detox Drink.

Mengandung ekstrak 34 buah dan sayur, minuman ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan pencernaan dan mengontrol berat badan tubuh.

Cari tahu lebih lanjut keunggulan minuman ini di sini.

Referensi:

BAGIKAN

Artikel Terkait