Tidur Siang Bikin Gemuk? Fakta atau Mitos?

Siapa yang tidak suka tidur siang? Pasti salah satu dari kita pernah melakukan tidur siang ketika sedang lelah dan ingin meningkatkan produktivitas.

tidur siang bikin gemuk

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa tidur siang bikin gemuk. Apakah benar tidur siang memiliki hubungan dengan peningkatan berat badan, ataukah ini hanya sebuah mitos?

Apakah tidur siang bikin gemuk?

Jawabannya adalah tidak pasti. Tidur siang sendiri tidak dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Namun, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kenaikan berat badan setelah tidur siang, antara lain:

  • Durasi tidur siang. Tidur siang yang terlalu lama, yaitu lebih dari 30 menit dapat meningkatkan kadar hormon ghrelin (hormon yang merangsang nafsu makan). Hal ini dapat menyebabkan seseorang makan lebih banyak sehingga berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan.
  • Jenis makanan yang dikonsumsi saat tidur siang. Jika kamu mengonsumsi makanan yang tinggi kalori dan lemak saat tidur siang, hal ini juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan.
  • Aktivitas fisik setelah tidur siang. Jika SobatVit tidak melakukan aktivitas fisik setelah tidur siang, penumpukan kalori dan lemak akan terjadi.
  • Kebiasaan tidur malam. Jika kamu tidak memiliki kebiasaan tidur malam yang baik, tidur siang dapat mengganggu jadwal tidur. Hal ini dapat menyebabkan kamu merasa lelah dan tidak berenergi saat beraktivitas sehingga kamu cenderung mengonsumsi makanan yang tinggi kalori untuk menambah energi.

Baca Juga: Rahasia Tidur Nyenyak: Tips Mudah Agar Selalu Bangun Segar

Tips untuk cegah berat badan naik setelah tidur siang

Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari kenaikan berat badan setelah tidur siang:

1. Konsumsi makanan yang sehat dan rendah kalori saat tidur siang

Makanan yang tinggi kalori dan lemak dapat menyebabkan kenaikan berat badan karena mengandung lebih banyak energi daripada makanan yang rendah kalori dan lemak.

Jika SobatVit mengonsumsi makanan yang tinggi kalori dan lemak saat tidur siang, kamu akan mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang diperlukan untuk mengembalikan energi.

Makanan yang sehat dan rendah kalori, seperti buah-buahan, dan sayuran dapat membantu kamu untuk mendapatkan energi yang cukup tanpa mengonsumsi terlalu banyak kalori.

Buah-buahan dan sayuran juga mengandung serat yang dapat membantu merasa kenyang lebih lama.

2. Batasi durasi tidur siang

Tidur siang yang terlalu lama dapat menyebabkan gangguan metabolisme dan nafsu makan. Hal ini karena tidur siang dapat memperlambat metabolisme tubuh dan meningkatkan kadar hormon ghrelin.

Tidur siang yang ideal adalah selama 20-30 menit. Durasi ini cukup untuk mengembalikan energi tanpa mengganggu metabolisme tubuh dan nafsu makan.

3. Pastikan kamu memiliki kebiasaan tidur malam yang baik

Tidur malam yang cukup dan berkualitas dapat membantu kamu untuk memiliki energi yang cukup saat beraktivitas sehingga SobatVit tidak perlu mengonsumsi makanan yang tinggi kalori untuk menambah energi.

Tidur malam yang ideal adalah selama 7-8 jam setiap malam. Pastikan kamu tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari untuk menciptakan ritme sirkadian yang sehat.

Baca Juga: Tetap Sehat dan Langsing dengan Menu Makanan Malam untuk Diet yang Lezat

Selain tips-tips di atas, SobatVit juga dapat melakukan aktivitas fisik setelah tidur siang. Aktivitas fisik dapat membantu kamu membakar kalori dan mencegah kenaikan berat badan.

Kamu juga bisa mengonsumsi Cool-Vita Slimkeep Detox Drink untuk mencegah kenaikan berat badan berlebih. Ketika merasa lapar dan ingin ngemil, SobatVit bisa mengonsumsi minuman ini yang hanya memiliki 40 kkal. Kaya akan serat, Cool-Vita Slimkeep Detox Drink juga dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa klik di sini.

Referensi:

BAGIKAN

Artikel Terkait